PERANAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PROFESI GURU SD
Mata Kuliah Teknologi Informasi
Dosen pengampuh Dr.H.Hudiana
Hernawan, M.S.
Disusun Oleh :
LILIS SURYANI
|
:
|
17861001
|
Kelas
|
:
|
B
|
No
Absen
|
:
|
1
|
PASCASARJANA IPI GARUT
TEKNOLOGI PENDIDIKAN
2018
KATA PENGANTAR
Puja dan
puji syukur saya haturkan kepada Allah Subhanahu Wata’ala yang telah
memberikan banyak nikmat, taufik dan hidayah. Sehingga saya dapat menyelesaikan
makalah yang berjudul “Peranan Teknologi Informasi dalam Profesi Guru SD”
dengan baik tanpa ada halangan yang berarti.
Makalah
ini telah saya selesaikan dengan maksimal berkat kerjasama dan bantuan dari
berbagai pihak. Oleh karena itu saya sampaikan banyak terima kasih kepada
segenap pihak yang telah berkontribusi secara maksimal dalam penyelesaian makalah
ini.
Diluar
itu, penulis sebagai manusia biasa menyadari sepenuhnya bahwa masih banyak
kekurangan dalam penulisan makalah ini, baik dari segi tata bahasa, susunan
kalimat maupun isi. Oleh sebab itu dengan segala kerendahan hati , saya selaku
penyusun menerima segala kritik dan saran yang membangun dari pembaca.
Demikian
yang bisa saya sampaikan, semoga makalah ini dapat menambah khazanah ilmu
pengetahuan dan memberikan manfaat khususnya guru SD umumnya untuk semua
pembaca.
Garut, 4
Maret 2018
Penulis
PENDAHULUAN
A.Latar Belakang
Teknologi Informasi
adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses,
mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk
menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan
tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan
dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan. Teknologi
informasi dan komunikasi pada saat ini telah terbukti sebagai sarana komunikasi
dan sebagai sumber informasi yang sangat handal. Teknologi informasi dan
komunikasi dimanfaatkan hampir dalam setiap aspek kehidupan. Dalam aspek
pendidikan misalnya,teknologi informasi dan komunikasi pada masa sekarang telah
menjadi bagian terpenting dalam mendukung kinerja pendidik dan tenaga
kependidikan, selain itu teknologi informasi dan komunikasi juga dapat
mempercepat proses pendidikan itu sendiri.
Perkembangan teknologi
informasi dan komunikasi tidak sama antara satu dengan yang lain. Ada yang
telah menerapkan teknologi informasi dan komunikasi terbaru, ada pula yang belum
memiliki peralatan teknologi informasi dan komunikasi yang memadai seperti
komputer. Seperangkat komputer ini digunakan untuk mengolah data, sistem
jaringan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lainnya sesuai
dengan kebutuhan, dan teknologi
telekomunikasi digunakan agar data dapat disebar dan diakses secara
global. Peran yang dapat diberikan oleh aplikasi teknologi informasi ini salah
satunya adalah profesi kita sebagai guru SD. Teknologi informasi ini salah satu media faktor penunjang dalam proses pembelajaran
agar tercapai pembelajaran yang optimal.
B. Rumusan Masalah
Bagaimanakah Peranan
Teknologi Informasi dalam Profesi Guru SD?
C. Tujuan
Untuk mengetahui Peranan
Teknologi Informasi dalam Profesi Guru SD
PEMBAHASAN
a. Pengertian Teknologi
Teknologi berasal dari
bahasa Yunani yaitu Technologia menurut Webster Dictionary berarti systematic
treatment atau penanganan sesuatu secara sistematis, sedangkan techne sebagai
dasar kata Teknologi berarti skill, science atau keahlian, keterampilan,
ilmu. Kata teknologi secara harfiah berasal dari bahasa latin texere yang
berarti menyusun atau membangun, sehingga istilah teknologi seharusnya tidak
terbatas pada penggunaan mesin, meskipun dalam arti sempit hal tersebut sering
digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
Menurut Roger (Rusman, 2015:78)
teknologi adalah suatu rancangan atau desain untuk alat bantu tindaka yang
mengurangi ketidakpastian dalam hubungan sebab akibat dalam mencapai suatu
hasil yang diinginkan. Teknologi biasanya memiliki dua aspek, yaitu aspek
hardware dan sottware. Vasa (Rusman, 2015:79) teknologi adalah sebuah proses
yang dilaksanakan dalam upaya mewujudkan sesuatu secara rasional .Teknologi
merupakan ilmu pengetahuan yang ditransformasikan ke dalam produk, proses, jasa
dan struktur organisasi. Menurut Rusman
(2015:79) teknologi adalah cara dimana kita menggunakan ilmu pengetahuan untuk
memecahkan masalah praktis.
Menurut Habibie (Ishak,
2017:107) teknologi agar dapat
menghasilkan nilai tambah harud memenuhi tiga kriteria,yaitu 1) mempunyai
landasan teori untuk pengembangannya, 2) mengandung cara khusus, 3) dapat
digunakan untuk mengatasi problem konkret.
b. Pengertian Informasi
Informasi adalah fakta atau apa pun yang dapat digunakan
sebagai input dalam menghasilkan informasi. Sedangkan data merupakan bahan
mentah , data merupakan input yang setelah diolah berubah bentuknya menjadi
output yang disebut informasi. Informasi ialah sejumlah data yang telah diolah
melalui pengolahan data dalam rangka menguji tingkat kebenarannya dan
ketercapaiannya sesuai dengan kebutuhan. Ada tiga hal penting yang harus
diperhatikan dari informasi yaitu:
1. Informasi merupakan hasil pengolahan data
2. Memberikan makna
3. Berguna atau bermanfaat
Ciri – ciri informasi
yang berkualitas menurut Mc.Leod ( Rusman,2015:79) ada empat yaitu :
1. Akurat artinya informasi mencerminkan keadaan yang sebenarnya.
2. Tepat waktu artinya informasi harus tersedia / ada pada saat informasi diperlukan
3. Relevan artinya informasi yang diberikan harus sesuai denagn yang
dibutuhkan
4. Lengkap artinya informasi harus diberikan secara utuh tidak setengah –
setengah.
c. Hakikat Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Teknologi Informasi
adalah ilmu yang diperlukan untuk mengelola informasi agar informasi tersebut
dapat dicari dengan mudah dan akurat, informasi dapat dikatakan sebagai data
yang telah diolah. Data atau informasi tersebut dapat berupa tulisan, suara,
gambar, video dan sebagainya, menurut Darmawan (2012). Information and
Communication Technology (ICT) dalam konteks bahasa Indonesia disebut
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam waktu yang sangat singkat telah
menjadi satu bahan bangunan penting dalam perkembangan kehidupan masyarakat
modern. Dibanyak negara menganggap bahwa memahami TIK, menguasai keterampilan
dasar TIK serta memiliki konsep TIK merupakan bagian dari inti pendidikan,
sejajar dengan membaca, menulis, dan numerasi.
Pengertian lain dari
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang dikutip dalam Rusman, dkk (2011)
adalah sebagian dari ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) secara umum
adalah semua teknologi yang berhubungan dengan pengambilan, pengumpulan,
pengolahan, penyimpanan, penyebaran, dan penyajian informasi. Tercakup dengan
defenisi tersebut semua perangkat keras, perangkat lunak, kandungan isi, dan
infrastruktur komputer maupun komunikasi. UNESCO menyatakan bahwa semua negara
maju dan berkembang, perlu mendapatkan akses TIK dan menyediakan fasilitas pendidikan
yang terbaik, sehingga diperoleh generasi muda yang siap berperan penuh dalam
masyarakat modern mampu berperan dalam negara pengetahuan. Karena perkembangan
TIK yang pesat, perubahan terus menerus menjadi tantangan berbagai pihak, dari
kementrian pendidikan, pengajar dan penerbit. Keterbatasan sumber daya
mengungkung sistem pendidikan. Namun TIK demikian pentingnya bagi sehatnya
industri dan komersial dimasa depan negara, sehingga investasi dalam peralatan,
pendidikan guru, serta layanan pendukung untuk kurikulum berdasarkan TIK
seharusnya prioritas pemerintah.
Pemanfaatan teknologi
dan komunikasi dalam bidang pendidikan menurut Munir (2009, pemanfaatan
komputer dan jaringan komputer memberikan kesempatan kepada setiap pembelajaran
untuk mengakses materi pembelajaran yang disajikan dalam bentuk interaktif
melalui jaringan komputer. Dari penjelasan tersebut dapat dimaknai bahwa TIK
merupakan media yang berupa teknologi seperti komputer beserta jaringanya yang
dapat digunakan untuk proses pengolahan dan pemprosesan data yang berguna untuk
pemanfaatan berbagai bidang sosial, ekonomi, budaya dan tentunya pendidikan.
Pada tingkat global
perkembangan TIK telah memengaruhi seluruh bidang kehidupan umat manusia.
Intruksi TIK ke dalam bidang-bidang teknologi lain telah sedemikian jauh,
sehingga tiada satu pun peralatan hasil inovasi teknologi yang tidak
memanfaatkan perangkat TIK.
d. Ruang lingkup TIK
Teknologi Informasi dan
Komunikasi mencakup dua aspek, Menurut puskur kemendiknas (dalam Rusman, dkk
(2011) yaitu:
1) Teknologi Informasi adalah meliputi segala hal yang berkaitan dengan
proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi.
2) Teknologi komunikasi adalah segala hal yang berkaitan dengan penggunaan
alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke
lainya.
Teknologi Informasi dan
Komunikasi terdiri dari dua konsep yaitu teknologi informasi dan teknologi
komunikasi. Teknologi Informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan
proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, pengelolaan, dan transfer
atau pemindahan informasi antarmedia. Teknologi komunikasi adalah segala hal
yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan menstransfer
data dari perangkat yang satu ke yang lainya. Jadi Teknologi Komunikasi adalah
perangkat-perangkat teknologi yang terdiri dari hardware, software, proses, dan
sistem, yang digunakan untuk membantu proses komunikasi yang bertujuan agar
komunikasi berhasil. Oleh karena itu, Teknologi Informasi dan Teknologi
Komunikasi adalah dua buah konsep yang tidak terpisahkan. Jadi Teknologi
Informasi dan Komunikasi mengandung pengertian luas, yaitu segala kegiatan yang
terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, pemindahan informasi
antarmedia.
Berdasarkan penjelasan
di atas maka dapat disimpulkan bahwa Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah
merupakan peralatan elektronika yang terdiri dari perangkat keras dan perangkat
lunak serta segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi,
pengelolaan, dan transfer atau pemindahan informasi antarmedia.
e. Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan
Dalam dunia pendidikan,
Teknologi Informasi dan Komunikasi secara umum bertujuan agar siswa memahami
alat teknologi informasi dan komunikasi
secara umum termasuk komputer (computer
literate) dan memahami informasi (information literate), artinya siswa mengenal
istilah – istilah yang digunakan pada Teknologi Informasi dan Komunikasi dan
khususnya pada komputer yang umum digunakan. Siswa juga menyadari keunggulan
dan keterbatasan komputer, serta dapat menggunakan komputer secara optimal.
Secara khusus, tujuan
mempelajari Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah:
1. Menyadarkan siswa akan potensi perkembangan teknologi informasi dan
komunikasi yang terus berubah sehingga siswa dapat termotivasi untuk
mengevaluasi dan mempelajari teknologi informasi dan komunikasi sebagai dasar
untuk belajar sepanjang hayat.
2. Memotivasi kemampuan siswa untuk bisa beradaptasi dan mengantisipasi
perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, sehingga siswa bisa
melaksanakan dan menjalani aktivitas kehidupan sehari – hari secara mandiri dan
percaya diri.
3. Mengembangkan kompetensi siswa dalam menggunakan teknologi informasi dan
komunikasi untuk mendukung kegiatan belajar, bekerja, dan berbagai aktivitas
dalam kehidupan sehari – hari.
4. Mengembangkan kemampuan belajar berbasis teknologi informasi dan komunikasi, sehingga proses pembelajaran
dapat lebih optimal, menarik, dan mendorong siswa terampil dalam berkomunikasi
, terampil mengorganisasi informasi , dan terbiasa bekerja sama.
5. Menngembangkan kemampuan belajar mandiri, berinisiatif, inovatif, kteatif,
dan bertanggungjawab dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi untuk
pembelajaran, bekerja, dan pemecahan masalah sehari – hari.
Peranan teknologi
informasi dan komunikasi dalam pembelajaran ini juga selain membantu siswa
dalam belajar adalah memiliki peranan yang cukup berpengaruh untuk guru
terutama dalam pemenfaatan fasilitas untuk kepentingan memperkaya kemampuan
mengajarnya. Manfaat teknologi informasi dan komunikasi bagi guru antara lain:
1. Memperluas background knowledge guru
2. Pembelajaran lebih dinamis dan fleksibel
3. Mengatasi keterbatasan bahan ajar/ sumber belajar
4. Kontribusi dan pengayaan bahan / sumber belajar
5. Implementasi Student Active Learnig (SAL), CBSA dan PAIKEM .
f. Peranan Teknologi Informasi dalam
Profesi Guru SD
Diatas
sudah diuraikan secara jelas, penngertian dan manfaat Teknologi Informasi yang begitu besar dalam pendidikan dan pembelajaran. Teknologi Informasi dalam
Profesi Guru SD mempunyai peranan penting dalam proses berlangsungnya
pembelajaran di dalam kelas karena menjauhkan dari kata bosan atau kejenuhan
dari pembelajaran biasa atau rutinitas yang bersifat klasik. Dengan teknologi
informasi memberikan warna yang menarik untuk anak sehingga memotivasi belajar
siswa menjadi lebih terfokus serta menambah wawasan anak tentang Teknologi
Informasi. Penggunaan Teknologi Informasi di SD lebih sederhana penggunaannya
seperti power point , animasi maupun
games tetapi memberi pengaruh yang besar terkembangan berpikir anak. Hal ini
menunjukkan bahwa Peranan Teknologi Informasi
dalam Profesi Guru SD sangat
penting keberadaannya.
PENUTUP
Kesimpulan
Teknologi Informasi
adalah ilmu yang diperlukan untuk mengelola informasi agar informasi tersebut
dapat dicari dengan mudah dan akurat, informasi dapat dikatakan sebagai data
yang telah diolah. Data atau informasi tersebut dapat berupa tulisan, suara,
gambar, video dan sebagainya, menurut Darmawan (2012). Information and
Communication Technology (ICT) dalam konteks bahasa Indonesia disebut
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam waktu yang sangat singkat telah
menjadi satu bahan bangunan penting dalam perkembangan kehidupan masyarakat
modern.
Dalam dunia pendidikan,
Teknologi Informasi dan Komunikasi secara umum bertujuan agar siswa memahami
alat teknologi informasi dan komunikasi
secara umum termasuk komputer (computer
literate) dan memahami informasi (information literate), artinya siswa mengenal
istilah – istilah yang digunakan pada Teknologi Informasi dan Komunikasi dan
khususnya pada komputer yang umum digunakan. Siswa juga menyadari keunggulan
dan keterbatasan komputer, serta dapat menggunakan komputer secara optimal.
Daftar
pustaka
Ishak
Abdulah & Deni Darmawan, Teknologi Pendididkan .Bandung :PT.Remaja
Rosdakarya, 2017.
Rusman,Deni
Kurniawan &Cepi Riyana,Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan
Komunikasi. Jakarta : PT. RajaGrafindo, 2015.
https://www.kompasiana.com/iefpurba/59b96abd9a78f16af66d15e4/peranan-teknologi-infomasi-dan-komunikasi-tik-dalam-pembelajaran-di-sd-
http://digilib.unila.ac.id/16073/3/0757051048-pendahuluan.pdf
Tidak ada komentar:
Posting Komentar