Sabtu, 03 Maret 2018

PERANAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PROFESI GURU SD



PERANAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PROFESI GURU SD
Mata Kuliah Teknologi Informasi
Dosen pengampuh  Dr.H.Hudiana Hernawan, M.S.


Disusun Oleh :
LILIS SURYANI
:
17861001
Kelas
:
B
No Absen
:
1






PASCASARJANA IPI GARUT
TEKNOLOGI PENDIDIKAN
2018


KATA PENGANTAR
Puja dan puji syukur saya haturkan kepada Allah Subhanahu Wata’ala yang telah memberikan banyak nikmat, taufik dan hidayah. Sehingga saya dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “Peranan Teknologi Informasi dalam Profesi Guru SD” dengan baik tanpa ada halangan yang berarti.
Makalah ini telah saya selesaikan dengan maksimal berkat kerjasama dan bantuan dari berbagai pihak. Oleh karena itu saya sampaikan banyak terima kasih kepada segenap pihak yang telah berkontribusi secara maksimal dalam penyelesaian makalah ini.
Diluar itu, penulis sebagai manusia biasa menyadari sepenuhnya bahwa masih banyak kekurangan dalam penulisan makalah ini, baik dari segi tata bahasa, susunan kalimat maupun isi. Oleh sebab itu dengan segala kerendahan hati , saya selaku penyusun menerima segala kritik dan saran yang membangun dari pembaca.
Demikian yang bisa saya sampaikan, semoga makalah ini dapat menambah khazanah ilmu pengetahuan dan memberikan manfaat khususnya guru SD umumnya untuk semua pembaca.
Garut, 4 Maret 2018

Penulis






PENDAHULUAN
A.Latar Belakang
Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan. Teknologi informasi dan komunikasi pada saat ini telah terbukti sebagai sarana komunikasi dan sebagai sumber informasi yang sangat handal. Teknologi informasi dan komunikasi dimanfaatkan hampir dalam setiap aspek kehidupan. Dalam aspek pendidikan misalnya,teknologi informasi dan komunikasi pada masa sekarang telah menjadi bagian terpenting dalam mendukung kinerja pendidik dan tenaga kependidikan, selain itu teknologi informasi dan komunikasi juga dapat mempercepat proses pendidikan itu sendiri.
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi tidak sama antara satu dengan yang lain. Ada yang telah menerapkan teknologi informasi dan komunikasi terbaru, ada pula yang belum memiliki peralatan teknologi informasi dan komunikasi yang memadai seperti komputer. Seperangkat komputer ini digunakan untuk mengolah data, sistem jaringan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lainnya sesuai dengan kebutuhan, dan teknologi  telekomunikasi digunakan agar data dapat disebar dan diakses secara global. Peran yang dapat diberikan oleh aplikasi teknologi informasi ini salah satunya adalah profesi kita sebagai guru SD. Teknologi informasi ini  salah satu media  faktor penunjang dalam proses pembelajaran agar tercapai pembelajaran yang optimal.

B. Rumusan Masalah
Bagaimanakah Peranan Teknologi Informasi dalam Profesi Guru SD?
C. Tujuan
Untuk mengetahui Peranan Teknologi Informasi dalam Profesi Guru SD
PEMBAHASAN
a. Pengertian Teknologi
Teknologi berasal dari bahasa Yunani yaitu Technologia menurut Webster Dictionary berarti systematic treatment atau penanganan sesuatu secara sistematis, sedangkan techne sebagai dasar kata Teknologi  berarti skill, science atau keahlian, keterampilan, ilmu. Kata teknologi secara harfiah berasal dari bahasa latin texere yang berarti menyusun atau membangun, sehingga istilah teknologi seharusnya tidak terbatas pada penggunaan mesin, meskipun dalam arti sempit hal tersebut sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
Menurut Roger (Rusman, 2015:78) teknologi adalah suatu rancangan atau desain untuk alat bantu tindaka yang mengurangi ketidakpastian dalam hubungan sebab akibat dalam mencapai suatu hasil yang diinginkan. Teknologi biasanya memiliki dua aspek, yaitu aspek hardware dan sottware. Vasa (Rusman, 2015:79) teknologi adalah sebuah proses yang dilaksanakan dalam upaya mewujudkan sesuatu secara rasional .Teknologi merupakan ilmu pengetahuan yang ditransformasikan ke dalam produk, proses, jasa dan  struktur organisasi. Menurut Rusman (2015:79) teknologi adalah cara dimana kita menggunakan ilmu pengetahuan untuk memecahkan masalah praktis.
Menurut Habibie (Ishak, 2017:107)   teknologi agar dapat menghasilkan nilai tambah harud memenuhi tiga kriteria,yaitu 1) mempunyai landasan teori untuk pengembangannya, 2) mengandung cara khusus, 3) dapat digunakan untuk mengatasi problem konkret.
b. Pengertian Informasi
Informasi  adalah fakta atau apa pun yang dapat digunakan sebagai input dalam menghasilkan informasi. Sedangkan data merupakan bahan mentah , data merupakan input yang setelah diolah berubah bentuknya menjadi output yang disebut informasi. Informasi ialah sejumlah data yang telah diolah melalui pengolahan data dalam rangka menguji tingkat kebenarannya dan ketercapaiannya sesuai dengan kebutuhan. Ada tiga hal penting yang harus diperhatikan dari informasi yaitu:
1.      Informasi merupakan hasil pengolahan data
2.      Memberikan makna
3.      Berguna atau bermanfaat
Ciri – ciri informasi yang berkualitas menurut Mc.Leod ( Rusman,2015:79)  ada empat yaitu :
1.      Akurat artinya informasi mencerminkan keadaan yang sebenarnya.
2.      Tepat waktu artinya informasi harus tersedia / ada pada saat informasi diperlukan
3.      Relevan artinya informasi yang diberikan harus sesuai denagn yang dibutuhkan
4.      Lengkap artinya informasi harus diberikan secara utuh tidak setengah – setengah.
c. Hakikat Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Teknologi Informasi adalah ilmu yang diperlukan untuk mengelola informasi agar informasi tersebut dapat dicari dengan mudah dan akurat, informasi dapat dikatakan sebagai data yang telah diolah. Data atau informasi tersebut dapat berupa tulisan, suara, gambar, video dan sebagainya, menurut Darmawan (2012). Information and Communication Technology (ICT)  dalam konteks bahasa Indonesia disebut Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam waktu yang sangat singkat telah menjadi satu bahan bangunan penting dalam perkembangan kehidupan masyarakat modern. Dibanyak negara menganggap bahwa memahami TIK, menguasai keterampilan dasar TIK serta memiliki konsep TIK merupakan bagian dari inti pendidikan, sejajar dengan membaca, menulis, dan numerasi.
Pengertian lain dari Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang dikutip dalam Rusman, dkk (2011) adalah  sebagian dari ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) secara umum adalah semua teknologi yang berhubungan dengan pengambilan, pengumpulan, pengolahan, penyimpanan, penyebaran, dan penyajian informasi. Tercakup dengan defenisi tersebut semua perangkat keras, perangkat lunak, kandungan isi, dan infrastruktur komputer maupun komunikasi. UNESCO menyatakan bahwa semua negara maju dan berkembang, perlu mendapatkan akses TIK dan menyediakan fasilitas pendidikan yang terbaik, sehingga diperoleh generasi muda yang siap berperan penuh dalam masyarakat modern mampu berperan dalam negara pengetahuan. Karena perkembangan TIK yang pesat, perubahan terus menerus menjadi tantangan berbagai pihak, dari kementrian pendidikan, pengajar dan penerbit. Keterbatasan sumber daya mengungkung sistem pendidikan. Namun TIK demikian pentingnya bagi sehatnya industri dan komersial dimasa depan negara, sehingga investasi dalam peralatan, pendidikan guru, serta layanan pendukung untuk kurikulum berdasarkan TIK seharusnya prioritas pemerintah.
Pemanfaatan teknologi dan komunikasi dalam bidang pendidikan menurut Munir (2009,  pemanfaatan komputer dan jaringan komputer memberikan kesempatan kepada setiap pembelajaran untuk mengakses materi pembelajaran yang disajikan dalam bentuk interaktif melalui jaringan komputer. Dari penjelasan tersebut dapat dimaknai bahwa TIK merupakan media yang berupa teknologi seperti komputer beserta jaringanya yang dapat digunakan untuk proses pengolahan dan pemprosesan data yang berguna untuk pemanfaatan berbagai bidang sosial, ekonomi, budaya dan tentunya pendidikan.
Pada tingkat global perkembangan TIK telah memengaruhi seluruh bidang kehidupan umat manusia. Intruksi TIK ke dalam bidang-bidang teknologi lain telah sedemikian jauh, sehingga tiada satu pun peralatan hasil inovasi teknologi yang tidak memanfaatkan perangkat TIK.

d. Ruang lingkup TIK
Teknologi Informasi dan Komunikasi mencakup dua aspek, Menurut puskur kemendiknas (dalam Rusman, dkk (2011) yaitu:
1)      Teknologi Informasi adalah meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi.
2)      Teknologi komunikasi adalah segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainya.
Teknologi Informasi dan Komunikasi terdiri dari dua konsep yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi Informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, pengelolaan, dan transfer atau pemindahan informasi antarmedia. Teknologi komunikasi adalah segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan menstransfer data dari perangkat yang satu ke yang lainya. Jadi Teknologi Komunikasi adalah perangkat-perangkat teknologi yang terdiri dari hardware, software, proses, dan sistem, yang digunakan untuk membantu proses komunikasi yang bertujuan agar komunikasi berhasil.  Oleh karena itu, Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi adalah dua buah konsep yang tidak terpisahkan. Jadi Teknologi Informasi dan Komunikasi mengandung pengertian luas, yaitu segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, pemindahan informasi antarmedia.
Berdasarkan penjelasan di atas maka dapat disimpulkan bahwa Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah merupakan peralatan elektronika yang terdiri dari perangkat keras dan perangkat lunak serta segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, dan transfer atau pemindahan informasi antarmedia.

e. Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan
Dalam dunia pendidikan, Teknologi Informasi dan Komunikasi secara umum bertujuan agar siswa memahami alat teknologi informasi  dan komunikasi secara  umum termasuk komputer (computer literate) dan memahami informasi (information literate), artinya siswa mengenal istilah – istilah yang digunakan pada Teknologi Informasi dan Komunikasi dan khususnya pada komputer yang umum digunakan. Siswa juga menyadari keunggulan dan keterbatasan komputer, serta dapat menggunakan komputer secara optimal.
Secara khusus, tujuan mempelajari Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah:
1.      Menyadarkan siswa akan potensi perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang terus berubah sehingga siswa dapat termotivasi untuk mengevaluasi dan mempelajari teknologi informasi dan komunikasi sebagai dasar untuk belajar sepanjang hayat.
2.      Memotivasi kemampuan siswa untuk bisa beradaptasi dan mengantisipasi perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, sehingga siswa bisa melaksanakan dan menjalani aktivitas kehidupan sehari – hari secara mandiri dan percaya diri.
3.      Mengembangkan kompetensi siswa dalam menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk mendukung kegiatan belajar, bekerja, dan berbagai aktivitas dalam kehidupan sehari – hari.
4.      Mengembangkan kemampuan belajar berbasis teknologi informasi dan  komunikasi, sehingga proses pembelajaran dapat lebih optimal, menarik, dan mendorong siswa terampil dalam berkomunikasi , terampil mengorganisasi informasi , dan terbiasa bekerja sama.
5.      Menngembangkan kemampuan belajar mandiri, berinisiatif, inovatif, kteatif, dan bertanggungjawab dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi untuk pembelajaran, bekerja, dan pemecahan masalah sehari – hari.
Peranan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran ini juga selain membantu siswa dalam belajar adalah memiliki peranan yang cukup berpengaruh untuk guru terutama dalam pemenfaatan fasilitas untuk kepentingan memperkaya kemampuan mengajarnya. Manfaat teknologi informasi dan komunikasi bagi guru antara lain:
1.      Memperluas background knowledge guru
2.      Pembelajaran lebih dinamis dan fleksibel
3.      Mengatasi keterbatasan bahan ajar/ sumber belajar
4.      Kontribusi dan pengayaan bahan / sumber belajar
5.      Implementasi Student Active Learnig (SAL), CBSA dan PAIKEM .
f. Peranan Teknologi Informasi dalam Profesi Guru SD
Diatas sudah diuraikan secara jelas, penngertian dan manfaat  Teknologi Informasi  yang begitu besar dalam pendidikan  dan pembelajaran. Teknologi Informasi dalam Profesi Guru SD mempunyai peranan penting dalam proses berlangsungnya pembelajaran di dalam kelas karena menjauhkan dari kata bosan atau kejenuhan dari pembelajaran biasa atau rutinitas yang bersifat klasik. Dengan teknologi informasi memberikan warna yang menarik untuk anak sehingga memotivasi belajar siswa menjadi lebih terfokus serta menambah wawasan anak tentang Teknologi Informasi. Penggunaan Teknologi Informasi di SD lebih sederhana penggunaannya seperti  power point , animasi maupun games tetapi memberi pengaruh yang besar terkembangan berpikir anak. Hal ini menunjukkan bahwa Peranan Teknologi Informasi  dalam Profesi  Guru SD sangat penting keberadaannya.



PENUTUP

Kesimpulan
Teknologi Informasi adalah ilmu yang diperlukan untuk mengelola informasi agar informasi tersebut dapat dicari dengan mudah dan akurat, informasi dapat dikatakan sebagai data yang telah diolah. Data atau informasi tersebut dapat berupa tulisan, suara, gambar, video dan sebagainya, menurut Darmawan (2012). Information and Communication Technology (ICT)  dalam konteks bahasa Indonesia disebut Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam waktu yang sangat singkat telah menjadi satu bahan bangunan penting dalam perkembangan kehidupan masyarakat modern.
Dalam dunia pendidikan, Teknologi Informasi dan Komunikasi secara umum bertujuan agar siswa memahami alat teknologi informasi  dan komunikasi secara  umum termasuk komputer (computer literate) dan memahami informasi (information literate), artinya siswa mengenal istilah – istilah yang digunakan pada Teknologi Informasi dan Komunikasi dan khususnya pada komputer yang umum digunakan. Siswa juga menyadari keunggulan dan keterbatasan komputer, serta dapat menggunakan komputer secara optimal.






Daftar pustaka
Ishak Abdulah & Deni Darmawan, Teknologi Pendididkan .Bandung :PT.Remaja Rosdakarya, 2017.
Rusman,Deni Kurniawan &Cepi Riyana,Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta : PT. RajaGrafindo, 2015.
https://www.kompasiana.com/iefpurba/59b96abd9a78f16af66d15e4/peranan-teknologi-infomasi-dan-komunikasi-tik-dalam-pembelajaran-di-sd-
http://digilib.unila.ac.id/16073/3/0757051048-pendahuluan.pdf

Tidak ada komentar: